Jumat, 03 Juli 2020

Produk Kerajinan

Kerajinan Tangan Siswa SMK
Dalam kehidupan sehari hari menyisakan berbagai limbah. Limbah yang bermacam macam adakalanya di jual ke pengepul dan mungkin di bakar saja.Mengkreasikan limbah yang tidak terpakai menjadi sebuah kerajinan akan mendongkrak nilai jual limbah
Kerajinan tangan dengan bahan bekas adalah menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dengan bahan-bahan bekas disekitar dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga akan memiliki nilai jual.
Kerajinan tangan yang memiliki kualitas tinggi tentu harganya akan mahal dan pasti akan mengangkat perekonomian.Memiliki keterampilan dan berusaha untuk membuat suatu produk kerajinan yang bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan.
Dampak dan Manfaat
1.    Menciptakan lingkungan bersih.
2.    Pendauran ulang lebih safety karna tidak menimbulkan polusi dengan hanya dibakar.
3.    Menciptakan nilai pada suatu barang yang tidak bernilai sebelumnya.
4.    Menciptakan inovasi yang lebih brilian dengan mengkreasikan limbah menjadi nilai estetika tinggi atau misalnya dengan menggabungkan barang satu dengan yang lain.
5.    Pendauran ulang akan lebih menguntungkan tanah, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang bersifat logam, apabila ditimbun akan merusak unsur-unsur hara yang terkandung didalam tanah yang baik bagi tumbuhan.
6.    Modal yang dikeluarkan sebagai alat pendaur relative sedikit.
7.    Caranya yang gampang sehingga dapat dilakukan sendiri.
8.    Jumlah bahan-bahan yang tidak dapat diuraikan yang beredar menjadi lebih sedikit
9.    Dapat menjadi cara alternatif dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.
10. Menciptakan dam membuka lapangan kerja/usaha kepada semua pihak dan lapisan masyarakat yang efektif efisien(waktu,tempat,dana(bisa dikerjakan dirumah,tidak membutuhkan alat/dana besar,sewaktu-waktu)).
11. Memberdayakan masyarakat pinggiran,kurang mampu,putus sekolah,anak jalanan. Karna tidak memerlukan gelar akademik.
12. Kemandirian program karna tidak dalam naungan perusahaan tertentu.
13. Mendukung program pemerintah tentang Recycle.
Keunikan
Keunikan dari kerajinan berbahan dasar daur ulang itu adalah dimana bahan yang tidak terpakai dapat diubah menjadi bahan kerajinan yang bernilai seni tinggi dan berbeda dengan lainnya.




Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda